Di era startup dan inovasi teknologi ini, ada sejuta alasan untuk membangun situs web Anda sendiri, dan sepertinya ada sejuta alat di luar sana untuk membantu Anda melakukannya.
Dari menjual produk yang Anda ciptakan, hingga menciptakan ruang di mana orang-orang dengan minat yang sama dapat terhubung, hingga sekadar mencoba desain situs web Anda, sebuah situs web adalah pintu gerbang untuk berpotensi terhubung dengan jutaan orang.
Dan apakah Anda seorang jenius desain web yang mengerti teknologi atau pemula , Anda mungkin telah menyadari manfaat memiliki keakraban dasar dengan HTML.
Sebagai salah satu bahasa paling mendasar untuk pembuatan situs web, Anda tidak bisa salah dengan sedikit pengetahuan HTML di saku belakang Anda. Dan bagaimana jika saya katakan ada alat di luar sana yang dapat membantu membawa HTML Anda ke tingkat berikutnya ... atau setidaknya memastikan bahwa kode Anda benar?
Nah, tekankan orang-orang, karena alat itu adalah editor HTML. Dan saya akan mengarahkan Anda ke arah 14 opsi untuk alat pengeditan HTML.
Saya akan menjelaskan apa itu editor HTML, perbedaan antara beberapa alat di pasar, dan memberi Anda deskripsi singkat tentang kemampuan masing-masing alat.
editor HTML gratis

Apa itu editor HTML?

Editor HTML bisa menjadi alat mandiri, tetapi juga sering merupakan bagian dari lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) yang lebih besar, yang pada dasarnya adalah kotak alat pengembang yang menyediakan ruang tidak hanya untuk mengedit kode, tetapi juga menyusun, menafsirkan, dan men-debug kode.
Editor HTML, khususnya, adalah alat yang membantu Anda melacak kode Anda. Meskipun Anda secara teknis dapat mengetik kode Anda ke pengolah kata apa pun, editor HTML memberi Anda alat untuk memastikan bahwa kode Anda ditulis dengan baik ... atau setidaknya ditulis dengan benar.
Kemampuan paling dasar yang disediakan oleh editor HTML adalah koreksi sintaks, atau alat pemeriksa ejaan untuk kode. Mereka juga biasanya menawarkan pelacakan sintaks, yang menyoroti berbagai bagian kode Anda, membuatnya lebih mudah dibaca dengan memisahkan bagian-bagian yang berbeda baris demi baris. Dan mereka biasanya memungkinkan Anda untuk memasukkan atau melengkapi elemen HTML umum.
Bagi siapa saja yang pernah lupa untuk menutup braket, kemampuan itu sendiri bisa menjadi anugerah.

Mengapa saya harus menggunakan editor HTML?

Sebagai seseorang yang menulis banyak kata setiap hari, saya selalu bersyukur bahwa saya memiliki editor yang memeriksa posting blog saya, memastikan semuanya terlihat dan terdengar bagus untuk pembaca saya.
Editor HTML menyediakan layanan yang sama dan ketenangan pikiran. Bahkan seorang master coder dapat memasukkan salah ketik di sana-sini ketika mereka telah menulis kode sepanjang hari. Editor HTML akan membantu Anda menangkap kesalahan sehingga Anda tidak perlu melewati ratusan baris kode secara manual untuk menemukan kesalahan Anda.
Plus, meskipun kami berfokus secara khusus pada kemampuan editor untuk menangani HTML, banyak editor dapat menangani bahasa lain, seperti CSS atau PHP, memberi Anda lebih banyak opsi jika Anda ingin mengembangkan keterampilan desain web Anda.
Tetapi sebelum saya mengirim Anda mencari editor HTML impian Anda, Anda harus tahu bahwa ada dua jenis editor HTML di luar sana, dan mereka cocok untuk pengembang dengan berbagai tingkat pengalaman.

Editor HTML tekstual

Editor HTML tekstual menunjukkan kepada Anda baris demi baris kode Anda, persis bagaimana Anda telah menulisnya.
editor HTML gratis
Ini akan menjadi seperti apa kode Anda dalam editor HTML tekstual (sumber gambar: Stack Overflow )
Siapa yang harus menggunakannya: Coders yang lebih berpengalaman, mereka yang ingin kontrol ketat atas kode mereka, dan mereka yang membenci kode mengasapi harus melihat ke dalam editor HTML tekstual.

Editor HTML WYSIWYG

WYSIWYG adalah singkatan dari “Apa yang Anda Lihat Adalah Apa yang Anda Dapatkan.” Itu berarti ketika Anda merancang halaman web Anda di editor WYSIWYG, Anda akan tahu persis seperti apa tampilannya sebelum Anda mengunggah atau mengujinya. Sebagian besar alat ini memiliki fungsionalitas desain drag-and-drop, membuatnya sangat mudah digunakan.
editor HTML gratis
Anda dapat melihat secara persis seperti apa desain web Anda di editor WYSIWYG (sumber gambar: Elated )
Siapa yang harus menggunakannya: Coders yang kurang berpengalaman dan mereka yang lebih fokus pada desain daripada kode mungkin ingin memeriksa editor WYSIWYG sebelum melihat ke editor teks.

Tetapi apakah ada editor HTML gratis?

Kita dapat berbicara tentang alat pengkodean yang bermanfaat sepanjang hari. Tetapi jika Anda hanya belajar cara membuat kode atau jika Anda ingin memulai bisnis desain web, Anda mungkin tidak punya banyak uang untuk dibuang.
Beruntung bagi Anda, ada beberapa editor HTML gratis dan open source di luar sana. Bahkan, saya menemukan 14 di antaranya! Mereka dipisahkan oleh teks dan editor WYSIWYG dan terdaftar dalam urutan abjad di bawah ini, bersama dengan deskripsi singkat tentang kemampuan mereka.

Editor HTML teks gratis

Ingat, dengan editor-editor ini Anda mungkin ingin memiliki latar belakang yang cukup luas dalam HTML atau bahasa apa pun yang Anda koding. Meskipun editor ini dapat membantu Anda memperbaiki kesalahan, mereka tidak dapat menulis kode untuk Anda.

1. Aptana Studio 3

editor HTML gratis
Sumber gambar: Aptana
Aptana Studio adalah IDE open source yang dapat disesuaikan. Bersamaan dengan HTML5, ia juga dapat mengedit CSS, JavaScript, PHP, Ruby, Rails, dan Python. Ini terintegrasi dengan Git untuk kontrol versi yang mudah dan dapat digunakan menggunakan protokol FTP, SFTP, FTPS, dan Capistrano. Pembaruan terakhir adalah pada bulan Maret 2017.

2. Arachnofilia

editor HTML gratis
Sumber gambar: Arachnofilia
Arachnophilia adalah editor HTML open source yang ditulis di Jawa (karena pembuatnya, Paul Lutus, memboikot produk Microsoft ). Ini dapat mendukung Unicode dan juga dapat membantu Anda mengedit proyek PHP, Perl, C ++, Java, dan JavaScript Anda. Ia juga memiliki klien FTP bawaan untuk membantu dengan penyebaran. Pembaruan terakhir adalah pada November 2016.

3. Bluefish

editor HTML gratis
Sumber gambar: Bluefish
Bluefish adalah editor kode sumber terbuka yang dapat berjalan di Linux, Mac OS X, FreeBSD, OpenBSD, dan Solaris. Ini mendukung protokol FTP, SFTP, HTTP, HTTPS, WebDAV, dan CIFS. Bagi mereka yang memiliki proyek besar, Bluefish dapat membuka lebih dari 500 dokumen secara bersamaan dan secara otomatis akan memulihkan perubahan yang dibuat dalam dokumen yang dimodifikasi jika sistem Anda macet saat Anda sedang mengedit. Ini dapat mengedit beberapa bahasa lain, termasuk C ++, Google Go, Java, Perl, PHP, Python, dan R. Terakhir diperbarui pada Januari 2017.

4. CoffeeCup

editor HTML gratis
Sumber gambar: CoffeeCup
CoffeeCup menawarkan editor teks HTML gratis. Tetapi jika Anda mencari lebih dari pengaturan WYSIWYG, mereka juga menawarkan "Editor Visual" dengan biaya tambahan. Anda dapat menggunakan CoffeeCup untuk membuat file HTML dan CSS, serta mengedit file situs web yang ada. Plus, Anda dapat memperbarui konten di seluruh halaman menggunakan Perpustakaan Komponen mereka.

5. Gerhana

editor HTML gratis
Sumber gambar: Tips JavaEE
Eclipse menawarkan serangkaian plugin, termasuk editor HTML, dalam kit Alat Pengembang Web open source mereka. Ini juga memiliki CSS, JSON, dan plugin pengeditan JavaScript. Situs itu sendiri memperingatkan bahwa "pengguna baru dapat menganggapnya membingungkan" jika yang ingin mereka lakukan hanyalah mengedit kode HTML. Jadi pemula mungkin ingin menjauh dari yang satu ini, sementara coders ahli mungkin menemukan fleksibilitas Eclipse menarik. Terakhir diperbarui pada Juli 2017.

6. IDE Komodo

ActiveState Komodo IDE memiliki versi gratis dari sistemnya, serta lisensi berbayar.
Sumber gambar: ActiveState
ActiveState Komodo IDE memiliki versi gratis dari sistemnya, serta lisensi berbayar. Tetapi versi gratisnya masih menampilkan beberapa fitur yang kuat, seperti penyelesaian otomatis dan alat debugging. Itu juga dapat mengedit beberapa bahasa lain, termasuk Python, Perl, dan Node.js.

7. Komunitas Microsoft Visual Studio

editor HTML gratis
Sumber gambar: Microsoft
Jika Anda tidak memboikot Microsoft seperti pencipta Arachnophlia Paul Lutus, maka Anda harus memeriksa edisi "Komunitas" Microsoft Visual Studio gratis dari IDE mereka, yang mendukung hingga lima pengguna. Sementara versi berbayar mereka menawarkan fitur yang lebih canggih, versi gratis mereka mencakup semua alat penting untuk mengedit HTML. Ditambah lagi, mereka memasukkan beberapa alat yang berguna untuk pengembangan aplikasi seluler, seperti berbagi kode antara Android dan iOS.

8. NetBeans

editor HTML gratis
Sumber gambar: NetBeans
IDE sumber bebas dan terbuka, NetBeans dapat membantu Anda berkembang dalam HTML5, PHP, JavaScript, C ++, dan beberapa bahasa lainnya. Ini menawarkan templat kode dan generator, serta alat manajemen proyek untuk membantu mengatur proyek dan tim yang lebih besar. Ini juga memiliki pasar plugin yang besar , dan pengembang didorong untuk menulis dan membagikan plugin mereka sendiri. Terakhir diperbarui pada September 2016.

9. Notepad ++

editor HTML gratis
Sumber gambar: Wikimedia Commons
Hanya tersedia untuk pengguna Windows di luar sana, Notepad ++ adalah editor kode sumber gratis yang ditulis dalam C ++. UI-nya sepenuhnya dapat dikustomisasi, dan pengguna dapat memutuskan bagaimana sintaksis disorot dan dilipat. Fakta bonus: Bagi mereka yang mencoba go green, Notepad ++ didedikasikan untuk mengurangi emisi karbon dengan membuat program yang menggunakan daya CPU lebih sedikit. Terakhir diperbarui pada Agustus 2017.

10. NoteTab Light

editor HTML gratis
Sumber gambar: NoteTab
NoteTab dimuka dalam deskripsi produknya, memperingatkan mereka yang mungkin lebih suka atau condong ke editor WYSIWYG bahwa sistem ini mungkin bukan untuk mereka. Tetapi jika Anda mencari editor HTML khusus dan berdedikasi, maka Anda harus memeriksa NoteTab. Mereka mengklaim bahwa metode highlight sintaksis minimalis mereka membuat kode HTML atau CSS Anda lebih mudah dibaca daripada di beberapa editor lain. Dan pintasan keyboard snipet kode yang dapat disesuaikan mengurangi semua waktu Anda menghabiskan kode copy-paste dari satu proyek ke proyek lainnya. NoteTab juga memiliki versi "Standar" dan "Pro" produknya jika Anda mencari rangkaian fitur yang lebih kuat.

11. PSPad

editor HTML gratis
Sumber gambar: PSPad
PSPad adalah solusi lain untuk Windows. Beberapa produk dalam daftar kami tidak benar-benar ditujukan untuk penggunaan komersial (terutama yang dengan versi berbayar), tetapi PSPad selalu gratis dan dapat digunakan oleh lembaga komersial dan pemerintah tanpa biaya. Program ini menawarkan templat kode, pemeriksa ejaan, dan kemampuan koreksi otomatis. Terakhir diperbarui pada Maret 2017.

Editor HTML WYSIWYG gratis

Sebagian besar editor ini dapat digunakan oleh pembuat kode awal dan perancang. Beberapa akan menghasilkan kode untuk Anda saat Anda menarik dan melepas elemen halaman web ke tempat mereka berada di halaman Anda. Orang lain akan menunjukkan kode halaman Anda tetapi membiarkan Anda mengeditnya sesuai spesifikasi Anda. Perubahan Anda akan muncul di layar, sehingga Anda dapat mengubah desain Anda secara real time.

12. BlueGriffon

editor HTML gratis
Sumber gambar: BlueGriffon
BlueGriffon memiliki beberapa versi berbayar untuk produk mereka, tetapi versi gratisnya menawarkan alat penting yang Anda perlukan untuk mendesain halaman web. Ini adalah salah satu dari tiga editor WYSIWYG dalam daftar kami, dan, menurut situs web mereka, itu "secara resmi direkomendasikan oleh Pemerintah Prancis sebagai Alat Penulisan Web untuk Administrasi Prancis." Jadi jika Anda memercayai selera admin Prancis dalam editor HTML, ini adalah alat untuk Anda!
BlueGriffon menawarkan tampilan ganda kode sumber Anda dan desain WYSIWYG, sehingga Anda dapat melacak kode sambil memastikan bahwa situs Anda terlihat cantik. Itu juga dapat mengedit CSS dan SVG. Fitur tambahan dalam versi berbayar dari produknya meliputi fitur berorientasi desain seperti editor layar penuh, pipet mata untuk pengambilan warna, dan peringatan jumlah kata.

13. NetObjects Fusion Essentials

editor HTML gratis
Sumber gambar: NetObjects
NetObjects Fusion menggambarkan dirinya sebagai "generator HTML alih-alih editor HTML." Fungsionalitas desain drag-and-drop membantu Anda membuat situs yang dirancang dengan baik persis seperti yang akan dilihat oleh pengguna. Versi gratisnya memungkinkan Anda membuat situs web HTML5 dengan galeri foto, formulir, dan fungsi eCommerce.

14. SeaMonkey

editor HTML gratis
Sumber gambar: SeaMonkey
SeaMonkey adalah "aplikasi aplikasi internet all-in-one" open source yang mencakup peramban, surat, obrolan, dan alat pengembangan web, termasuk editor HTML. Jadi mereka yang hanya mencari editor HTML mungkin ingin memeriksa sistem lain di daftar kami. Namun bagi pengembang yang mencari pengalaman internet lengkap, SeaMonkey mungkin patut dicoba. Proyek ini didukung oleh Mozilla dan, dengan demikian, menggunakan banyak kode sumber yang sama seperti Firefox dan Thunderbird. Terakhir diperbarui pada Juli 2017.

Dapatkan coding!

Jika Anda mencari editor HTML, saya pikir saya telah memberi Anda beberapa opsi untuk dipertimbangkan. Pergi ke sana dan uji drive beberapa dari mereka untuk melihat mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Dan pastikan untuk memberi tahu saya cara kerjanya di komentar di bawah!